Beranda | Artikel
Bab Menghormati Nama-Nama Allah Taala - Bagian ke-2 - Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)
Jumat, 18 Desember 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

[sc:status-al-qaulul-mufid-ustadz-abu-haidar-2013]

Ringkasan Kajian Kitab Qaulul Mufid

Bab Menghormati Nama-Nama Allah Ta’ala (Bagian ke-2)

Memuliakan nama-nama Allah sama dengan memuliakan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan salah satu wujud pengagungan kepada Allah Ta’ala adalah menghormati dan memuliakan namaNya. Maka seseorang tidak boleh menamai dirinya degan nama-nama yang dikhususkan bagi AllahSubhanahu wa Ta’ala.

Nama-nama Allah itu dari segi boleh tidaknya diberikan kepada makhluk ada dua:

– Pertama, nama-nama yang hanya khusus untuk Allah, tidak boleh diberikan kepada makhluk. Seperti nama “Allah“, Ar-Rahmah, Dzul Jalaali wal Ikram, dan yang lain sebagianya. Alasannya adalah karena nama-nama tersebut mengandung makna yang tidak layak dimiliki oleh makhluk.

– Kedua, nama-nama yang dibolehkan untuk diberikan kepada makhluk. Misalnya adalah As-Sami dan Al-Bashir, Ra’uf dan Rahim. Allah Ta’ala berfirman:

نَّا خَلَقْنَا الْإِنسَانَ مِن نُّطْفَةٍ أَمْشَاجٍ نَّبْتَلِيهِ فَجَعَلْنَاهُ سَمِيعاً بَصِيراً

Simak selengkapnya penjelasan tentang “Bab Menghormati Nama-Nama Allah Ta’ala” di dalam kajian berikut ini yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar hafidzahulllah melalui rekaman audio yang kami sediakan. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Qaulul Mufid

Jangan lupa untuk turut berbagi link donwload ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+, semoga bermanfaat bagi amal kita dan saudara Muslimin kita.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/17886-bab-menghormati-nama-nama-allah-taala-bagian-ke-2-kitab-al-qaulul-mufid-ustadz-abu-haidar-sundawy/